Tips Membeli Smartphone Bekas

Memiliki sebuah Smartphone rasanya sudah menjadi kewajiban bagi penduduk Bumi saat ini, Pasalnya di era modern seperti saat ini manusia mulai meninggalkan kebiasaan lama dalam berkomunikasi yang terkesan sudah tidak efektif lagi seperti, Mengirim surat, Telegraf sampai Telepati. Saat ini model alat komunikasi yang umum digunakan ialah Handphone Pintar atau sekarang sering dikenal Smartphone.

Untuk mendapatkan atau memiliki sebuah Smartphone bukanlah hal yang sulit, Sahabat bisa membeli di Gerai Smartphone atau juga bisa membeli melalui Market Place, bahkan untuk memiliki Smartphone Sahabat tidak harus membeli yang baru, Bekaspun bisa jadi pilihan jika memang budget tidak memadai.

Baiklah kali ini Oprek Hp akan membagikan sedikit Tips Membeli Smartphone Bekas, agar Sahabat terhindar dari kata penyesalan karena salah dalam Membeli Smartphone bekas.

  • Periksa Kondisi Fisik Smartphone

Sahabat bisa cek mulai  dari kondisi Bezel atau Frame, Jika terdapat lecet tipis itu wajar karena memang barang bekas akan tetapi jika ada luka atau goresan yang dalam pada Bezel atau Framenya bisa jadi Smartphone ini pernah jatuh dari tempat yang tinggi biasanya goresan ini ada di bagian Bezel sudut Smartphone tersebut. Perhatikan juga di bagian Baut, jika Bautnya sudah ada goresan atau lecet dibagian mata Baut bisa jadi Smartphone ini sudah pernah dibongkar.

  • Periksa Fungsi LCD / Touch Screen

Yang kedua adalah lakukan test pada LCD pastikan semua fungsi normal mulai dari fungsi pengaturan kecerahan sampai pada fungsi Touch Screen pastikan semua bagian layar berfungsi. Perlu diperhatikan juga yakni ada tidaknya Shadow pada layar LCD, Cara ceknya  gampang Sahabat tinggal naikkan kecerahan layar kemudian tampilkan obyek yg berwarna putih pada layar Smartphone jika ada Shadow maka akan mudah  terlihat pada kondisi ini.

  • Periksa Fungsi Konektifitas Smartphone

Lakukan test konektifitas pada Smartphone yang akan Sahabat beli, Pastikan Signal, Bluetooth, Wifi dan NFC(jika ada) pastikan semua bisa dan berfungsi dengan baik, Untuk Test Signal Sahabat bisa lakukan panggilan telepon, SMS dan juga pastikan Smartphone mampu terkoneksi dengan Internet menggunakan data Seluler, untuk Bluetooth bisa lakukan pengiriman dan penerimaan sebuah file, Untuk fungsi Wifi pastikan bisa terhubung dengan Modem dan juga bis digunakan sebai Hostspot thetering.

  • Periksa Fungsi Audio

Audio merupakan perangkat yang sangat penting di dalam sebuah Smartphone, Informasi bagi Sahabat, didalam sebuah Smartphone setidaknya ada 3 Audio(2 audio out dan 1 audio in) yang harus berfungsi semuanya, Audio Out yang pertama yakni Speaker untuk multimedia seperti untuk menampilkan suara saat memainkan video maupun mp3, Audio Out kedua yakni Speaker telepon yang digunakan sebagai sumber suara saat kita melakukan panggilan. dan yang ketiga adalah audio in yang sering kita sebut microfon , Audio ini berfungsi menangkap suara kita saat telepon maupun saat merekam video. Maka Sahabat harus ekstra teliti ketika melakukan cek Audio pada Smartphone bekas yang akan Sahabat beli.

  • Periksa Fungsi Sensor

Sensor pada Smartphone juga merupakan hal yang tak kalah penting di dalam sebuah Smartphone, Sensor ini dapat melakukan action secara otomatis sesuai kondisi Smartphone, misalnya Ambient Light Sensor yang mampu mendeteksi intensitas cahaya sehingga secara otomatis layar LCD kita bisa tiba-tiba terang ketika berada di ruangan yang terang dan bisa redup ketika berada di tempat yang gelap. Pada Ponsel Android Sahabat bisa melakukan test fungsi sensor dengan mengunduh dan menginstall Aplikasi bernama “Android Sensor Box”.

  • Fungsi Baterai

Baterai adalah hal penting berikunya yang harus diperhatikan dalam membeli sebuah Smartphone bekas, Baterai merupakan sumber daya untuk menyokong kinerja perangkat dalam sebuah rangkaian Smartphone. Untuk melakukan test kesehatan baterai ada beberapa cara yang bisa Sahabat gunakan salah satunya dengan memanfaatkan flash pada kamera, berikut caranya: Yang pertama Sahabat buka Aplikasi kamera dan setting flash dalam kondisi hidup kemudian sahabat ambil gambar beberapa kali dan lihat apakah ada penurunan persentase Baterai secara signifikan, jika persentase turun secara signifikan semisal dari kondisi  sebelum ambil gambar 80% dan setelah ambil gambar tiba tiba turun menjadi 55% bisa dicurigai kondisi Baterai dalam kondisi yang mengkhawatirkan alias kurang sehat atau Drop.

  • Fungsi Kamera

Kamera merupakan Fitur Smartphone yang tidak boleh terlewatkan untuk di test, untuk melakukan test Sahabat bisa memotret dan juga menggunakan untuk merekam video, Pastikan flash, autofocus, HDR dll berfungsi sebagaima mestinya.

  • Fungsi Aksesoris

Yang terakhir dan tak kalah penting Sahabat harus melakukan cek pada fungsi Aksesoris Smartphone yang akan Sahabat beli, Aksesoris yang umum digunakan adalah Charger dan Headphone.Pastikan keduanya mampu berfungsi secara optimal.

 

Tinggalkan komentar